header-int

KKN-T STAI Darul Ulum Banyuwangi dalam pemberdayaan UMKM

Rabu, 06 Apr 2022, 14:22:01 WIB - 220 View
Share
KKN-T STAI Darul Ulum  Banyuwangi dalam pemberdayaan UMKM

Desa Tamanagung adalah desa yang terletak di kecamatan Cluring tepatnya di Kabupaten Banyuwangi bagian tengah. Nama desa ini diambil dari kata “taman” yang artinya syurga dan “agung” yang artinya besar. Ucap Ibu Mariyatul Qibtiyah selaku kepala Desa (28/02/2022). Jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa Desa Tamanagung memiliki arti Desa yang asri, luas dan subur sehingga memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang tinggal di sana. Desa ini berdiri pada tahun 1968 yang mana terdapat empat Dusun yakni Dusun Krajan, Dusun Sumberjeruk, Dusun Sumberwaru, dan Dusun Sagad. Letak kantor desa berada ditengah-tengah empat Dusun tersebut. Sehingga memudahkan bagi masyarakat untuk meminta pelayanan kepada pemerintah desa. Desa tersebut memiliki potensi perekonomian yang bermacam-macam, baik itu petani, guru, pedagang, TNI, POLRI, bidan, perawat, tukang kayu, montir, supir, PNS, buruh migran dan UMKM.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa ini berdiri dari kalangan pemuda sampai pekerja rumah tangga. Mayoritas usaha yang mereka miliki adalah makanan siap saji baik itu ayam geprek, nasi campur, nasi kuning, lalapan, dan nasi tumpeng. Namun untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki, mereka membutuhkan kualitas pemasaran yang lebih baik. Bisa dimulai dari perizinan usaha dan kemasan dengan label yang menarik. Dari sinilah mahasiswa STAI Darul Ulum Hadir melalui program KKN-T guna untuk berpartisipasi dan membantu desa dalam mengembangkan UMKM di desa tamanagung kabupaten Banyuwangi dengan tema yang diusung pada program KKN-T adalah “pemberdayaan UMKM desa Tamangaung”.

Bentuk kegiatan pemberdayaan dan pendampingan yang di lakukan mahasiswa STAI Darul Ulum Banyuwangi adalah menfasilitasi dan mendampingi pelaku usaha didesa tamanagung untuk mendapatkan Nomor Izin Usaha (NIB), pendampingan terkait pembuatan perizinan usaha dan pembuatan label kemasan produk untuk pelaku UMKM. Tujuannya supaya produk yang mereka jual lebih dipercaya karena memiliki legalitas usaha dan lebih dikenal konsumen karena label yang menarik dengan segala info produk sampai nomor pemilik perusahaan tertera dalam label tersebut. Usaha para mahasiswa lakukan untuk pendampingan pendaftaran NIB terhadap pelaku UMKM mendapatkan apresiasi dari pihak pemerintah Desa dan masayarakat. Ibu Winarti menuturkan  “selama ini belum ada mahasiswa KKN yang terjun langsung di masyarakat dan mau mendampingi sampai selesai proses perizinan usaha”. Ujar pelaku UMKM (10/03/2022). selain itu mahasiswa KKN-T STAI Darul Ulum juga membuka workshop dan pelatihan “Digital Marketing” bagi pelaku UMKM desa Tamanagung Kabupaten Banyuwangi yang nantinya dapat memberi gambaran kepada pelaku UMKM desa Tamanagung untuk mengembangkan pemasarannya melalului beberapa media sosial yang ada,seperti Ecomerce, facebook add,Instagram dan media sosil lainya. (mk236)

Unidha STAI Darul Ulum Banyuwangi merupakan Kampus Unggulan dengan Tagline STAIDU Hebat Kampus Umat. Berorientasi pada Pengembangan Akademik menuju Prestasi yang unggul di tengah keberagaman umat.
© 2022 STAI Darul Ulum Banyuwangi Follow STAI Darul Ulum Banyuwangi : Facebook Twitter Linked Youtube